Rabu, 04 September 2013

KACANG MENTE KHAS KENDARI



 Ragam Camilan Kacang Mente Khas Kendari
Kacang mete makanan khas Kendari yang paling dikenal se-Nusantara, bahkan konon kabarnya sampai manca negara. Kacang mente adalah sebuah biji yang dihasilkan dari buah jambu mete yang telah diolah (paling banyak digoreng) dengan berbagai jenis rasa ; asin biasanya dengan campuran garam dan bawang putih, atau manis dengan campuran gula putih atau gula merah. Kacang mente memang rasanya sangat enak dan gurih jadi tak heran banyak yang menyukainya.

Banyak sumber referensi mengatakan kacang mnte bukan hanya enak dan gurih tapi unik, kenapa unik karena tidak seperti kacang-kacangan lain kacang mente tidak tumbuh di dalam tapi di luar (tergantung) pada bagian luar jambu mente,. keunikan yang lain selain mengandung protein, karbohidrat, lemak, serat, vitamin dan mineral kandungan gizi jambu mente sama sekali tidak mengandung kolesterol. Soal kandungan lemaknya juga tak perlu di takuti krn dari struktur kimianya, ada tiga jenis lemak dan tidak semuanya berbahaya; kacang mente (per 100 gr) mengandung lemak jenuh 8,478 g, lemak tak jenuh ganda 8,546 g, dan lemak tak jenuh tunggal 25,923 g. Lemak jenuhlah yang disebut-sebut sebagai lemak jahat karena diperkirakan merupakan penyebab sejumlah penyakit degeneratif.

Sedangkan lemak tak jenuh biasa disebut lemak baik karena bisa membantu menurunkan kolesterol, mudah dicerna oleh tubuh juga baik untuk jantung. Jadi jika dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan lain seperti kenari dan almond, kacang mente mengandung lebih sedikit lemak jenuh artinya aman dikonsumsi untuk diet sehat. Salah satu Pusat camilan oleh-oleh khas kendari seperti mete ini ada di Pondok Athifah Mete yang beralamat di Jalan Sao-sao No. 156 kota Kendari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar